Apa yang kau cari dalam hidup di dunia yang hanya sebentar?

Apa yg kau cari dalam hidup di dunia yang hanya sebentar? Mungkin sebagian besar dari kita pernah terlintas pertanyaan ini. Ada yg mencari penghidupan yg layak untuk anak istri, kesuksesan materi dan jabatan, ketenaran dunia, memberi manfaat bagi orang lain, dll dll… Setiap orang bisa berbeda, dan itu lumrah saja. Ada yang mencari dunia saja, mencari akhirat, dan adapula yg mencari baik dunia dan akhirat.

Dalam salah satu hadits Rasulullah Saw bersabda :
“Sesungguhnya di antara yang aku khawatirkan pada diri kalian setelah peninggalanku ialah dibukakannya bunga dunia dan pernak-perniknya untuk kalian.”
(Bukhari no.1465 dan Muslim no. 1052 riwayat dari sahabat Abu Said Al Khudri)

Dari hadits di atas, bunga diibaratkan sebagai dunia. Lantas apa hubungannya antara bunga dan dunia sehingga dunia ini diibaratkan sebagai bunga?
Jika kita telaah perumpamaan di atas, betapa indahnya dan menawan bunga-bunga tanaman yang bermekaran. Warna warni yang menarik mata, bentuk yang indah dan ada pula yang harum mewangi. Semakin kita mencari, semakin banyak bunga-bunga yang indah dipandang. Ada orang-orang yang tidak tahan, tergoda untukku memetiknya. Sungguh apa yang dipetiknya itu akan mati dan layu. Yang ada pada tangkainya pun pada akhirnya akan mati, suram dan layu. Inilah kiranya hakikat dunia pada hadits di atas. Apabila seorang manusia terlena akan keindahan bunga tsb, pada akhirnya ia akan melupakan akhirat yang kekal. Demikianlah Allah menguji hamba-hamba-Nya agar dapat terlihat mana di antara mereka yang benar-benar jujur dan taat mematuhi segala titah-Nya, dan mana di antara mereka yang terburu-buru menikmati keindahan sebelum datang waktunya.

Allah Swt berfirman dalam QS Al-Ankabut : 64,
“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.”

Dalam QS Al-Hadid : 20
“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.”

Apa yang kau cari dalam hidup di dunia yang hanya sebentar?

Apa yang kau cari dalam hidup di dunia yang hanya sebentar?

Maka manakah yang kita pilih? Akhirat yang telah Allah siapkan azab yang sungguh keras bagi hambanya yang lebih mementingkan dunia daripada akhirat? Ataukah ampunan dan ridho Allah Swt bagi hambanya yang menjadikan dunia sebagai bekal untuk kehidupan akhirat yang kekal?

Imam Muslim meriwayatkan dari hadits Al-Mustaurid bin Syaddad, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Dunia dibandingkan akhirat hanya seperti salah seorang di antara kalian yang memasukkan jari tangannya ke dalam lautan. Perhatikanlah apa yang dibawa oleh jari itu?!”

Apa yang kau cari dalam hidup di dunia yang hanya sebentar?

Betapa sering kita alami betapa dunia yang melenakan. Kita tergopoh-gopoh ketika atasan di kantor memanggil, tetapi menunda-nunda ketika panggilan azan sholat dari yang Maha Besar berkumandang? Lebih takut untuk meninggalkan suatu rapat di kantor daripada takut thd murka Allah Swt karena meninggalkan sholat? Berlomba-lomba mengejar harta dan tahta dunia tetapi lupa untuk berlomba-lomba mengejar ridho Allah dg amalan-amalan yang sholeh sesuai perintah Nya? Atau kita sibuk berniaga sampai larut malam tetapi berat untuk bertahajud memohon ampunan nya?

Ya Allah, aku mohon ampunan Mu atas kelalaian dan dosaku.. Tiada sebaik baik penolong selain pertolongan Mu ya Rabbalalamin.

#catatan kecil seorang hamba

Bkl, 04:15 wib – Kamis 18 Mei 2017

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: