Bahaya Kanker Serviks pada Wanita dan Ibu Hamil

Innalillahi wa’innailaihi roojiuun…Jagad hiburan tanah air baru saja tersentak dengan berita meninggalnya Julia Perez setelah dirawat selama kurang lebih 4 bulan di RSCM. Jupe divonis penyakit kanker serviks stadium empat. Bagi sebagian kita yang belum tahu bahaya kanker serviks pada wanita dan ibu hamil, penting untuk mengetahui penyakit ini, pencegahan dan pengobatannya.

bahaya kanker serviks pada wanita dan ibu hamil

Julia Perez Meninggal Dunia karena Kanker Serviks

 

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi di mulut/leher rahim, dimana leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk ke rahim dari vagina. Penyakit ini cenderung menyerang wanita yang aktif secara seksual, meskipun potensi resiko menyerang wanita dari berbagai usia juga. Di Negara Indonesia sendiri, kanker serviks telah menjadi satu ancaman yang besar bagi kaum wanita, mengapa? Karena jika dilihat sesuai data yang telah di temukan, bahwa ada 40 wanita yang dinyatakan terkena kanker serviks setiap harinya, dan 20 diantaranya dinyatakan meninggal dunia. Bahkan, di dunia kaum wanita didiagnosa terkena penyakit yang mematikan ini setiap dua menit sekali. Banyak diantaranya kaum wanita bahkan ibu hamil yang tidak menyadari akan hadirnya penyakit ini, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan terkait gejala kanker rahim. Bahkan penyakit mematikan ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja dalam rentan usia yang tidak terbatas, dan kebanyakan kaum wanita tidak menyadari ketika virus yang menyebabkan kanker serviks ini menyerangnya

Salah satu penyebab untama penyakit kanker serviks adalah infeksi virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV). Akan tetapi, jenis virus HPV yang bisa mengakibatkan kanker serviks adalah jenis virsus HPV tipe 16 dan 18.

Penyebaran virus ini harus diwaspadai, karena ternyata virus HPV bisa menyebar dan berpindah-pindah tempat dengan sangat mudah. Virus ini bisa berpindah ke tempat lain melalui perantara cairan, bahkan dengan hanya sentuhan kulit antara individu yang satu dengan yang lainnya.
Faktor lain yang biasanya menjadi penyebab seseorang terinfeksi Human Papilloma Virus adalah WC yang jarang dibersihkan atau tidak dibersihkan dengan baik. Virus bisa saja sudah bersarang di WC tersebut dan bisa menginfeksi orang yang menggunakannya.
bahaya kanker serviks pada wanita dan ibu hamil
Salah satu tanda kanker serviks adalah siklus haid yang tidak normal. Pendarahan tidak normal dari vagina, termasuk flek adalah gejala yang sering terlihat dari kanker serviks. Ini biasanya terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause. Segera temui dokter untuk melakukan pemeriksaan jika terjadi pendarahan yang tidak normal lebih dari satu kali.
Nah berikut tanda-tanda lain kanker serviks yang penting untuk kita ketahui :
1. Sakit pada area kewanitaan
Sakit yang dialami ketika tengah buang air besar, sakita saat berhubungan intim, akibat virus HPV yang telah menyerang sistem kekebalan tubuh
2.Keputihan Patogonis
Keputihan atau flour albus ini merupakan cairan yang keluar dari organ intim wanita dalam jumlah yang banyak selain darah. Walaupun tidak semua jenis keputihan itu berbahaya, namun ibu hamil harus tetap berhati-hati ketika keluarnya keputihan dalam jumlah banyak dan bau yang tidak sedap. Segera periksa ke dokter
3. Pendarahan
Pada wanita normal atau wanita yang tidak tengah hamil, gejala terjadinya kanker serviks yaitu keluarnya darah. Bagi sebagian wanita menganggap ini normal ketika akan mestruasi, tetapi jika sering terjadi dan rutin, segera periksa ke dokter ya
4. Penurunan berat badan
5. Bengkak pada kaki
Jika mengalami ini, mungkin saja ini pertanda serangkaian serangan virus pada tubuh kita
6. Cepat Lelah
Setiap wanita harus waspada, karena kanker serviks dikenal sebagai pembunuh wanita terbanyak di Indonesia. Setelah membaca artikel ini, semoga kita semakin mengenal dengan jelas kanker serviks beserta gejalanya supaya bisa mencegah dan mengatasi penyakit ini sejak dini.
*dikutip dari berbagai sumber artikel kesehatan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: