Inilah Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017

Inilah Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017. Tahukah anda, ternyata negara terkaya di dunia saat ini bukanlah negara adidaya seperti Amerika Serikat, China ataupun Rusia. Memang dalam mengukur tingkat kekayaan suatu negara tidak hanya bergantung pada kemampuannya dalam menghasilkan uang, tetapi juga termasuk tingkat hutang yang dimilikinya. Dalam list ini, peringkat kekayaan suatu negara diukur dari PDB (Produk Domestik Bruto) per kapita dalam setahun.

Pengertian Produk Domestik Bruto

PDB atau GDP (Gross Domestic Product), dapat diartikan sebagai nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan berbagai unit produksi dalam suatu negara dalam jangka waktu setahun. PDB dapat dijabarkan sebagai : Z (PDB) = C + I + G + (X – M). C adalah Konsumsi, I adalah Investasi, G adalah Pembelian atau belanja yang dilakukan Pemerintah, sedangkan (X – M) adalah selisih dari total nilai ekspor (X) negara terhadap nilai Impor nya. Dapat dilihat, kenaikan konsumsi, investasi, belanja negara dan nilai ekspor berkorelasi positif terhadap PDB. Sedangkan impor berkorelasi negatif. Tingkat konsumsi masyarakat berkaitan erat dengan pendapatan pribadi. Apabila pendapatan pribadi meningkat, maka konsumsi akan meningkat, dan akhirnya meningkatkan PDB.

Highest GDP per Capita 2017

Berdasarkan data IMF tahun 2017, berikut peringkat 10 negara di dunia dengan PDB per kapita terbesar :

1. Luksemburg – Negara kecil berpenduduk ‘hanya’ 570 ribu jiwa di eropa selatan ini memiliki PDB per kapita US $101,715. Luksemburg secara khusus mempunyai hubungan dagang yang erat dengan Belgia dan Belanda. Dengan PDB mencapai 8 kali rata-rata dunia, ekonomi negaranya yang “high-income”, stabil dan pertumbuhan yang moderat, Luksemburg bertopang pada industri perbankan yang mempunyai total asset mencapai US $1,24 Trilyun. Wow…

Inilah Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017

Luksemburg

2. Swiss – PDB per kapita Swiss tahun 2017 adalah US $78,245 yang menempatkannya di posisi ke-2 pada list ini. Industri perbankan dan finasial Swiss, menjadikan negara dengan ibukota Bern ini memiliki ekonomi yang stabil dan sangat menarik. Tak heran, banyak orang terkaya di dunia mempunya akun rekening di Bank Swiss. Sebagian dari negara ini terletak di pegunungan Alpen, luas wilayah 41,285 km2 dan memiliki penduduk 8 juta jiwa. Swis juga memiliki kota-kota yang terkenal di dunia seperti Jenewa yang menjadi lokasi kantor pusat berbagai badan internasional seperti PBB, ILO, UNHCR dan WHO. Selain itu, kota terbesar di Swiss – Zurich, pada tahun 2006 dan 2007 pernah dinobatkan sebagai kota dengan fasilitas hidup terbaik di dunia.

Inilah Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017

Swiss

3. Norwegia – Ekonomi Norwegia di drive  oleh sumber daya alam, industri eksplorasi minyak, dan perikanan. Selain sebagai negara peringkat ke-8 eksportir minyak mentah dunia, Norwegia juga dikenal sebagai 3 besar eksportir gas alam. Ini menjadikan Norwegia sebagai penghasil minyak dan gas terbesar diluar negara-negara di Timur Tengah. PDB Norwegia pada tahun 2017 mencapai US $73,450 dengan jumlah penduduk 5,1 Juta jiwa, menjadikan negeri Viking ini sebagai peringkat ke-3 negara-negara di dunia dengan PDB per capita terbesar.

Inilah Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017

Norwegia

4. Islandia – Negara beribukota Reykjavík dengan penduduk 3,2 orang/km2 – menjadikannya negara dengan kepadatan terjarang di Eropa  – mempunyai PDB perkapita US $67,570.  Pertumbuhan PDB Islandia dari 2015 ke tahun 2017 adalah sebesar 1,34%. Islandia mempunyai sumber energi panas bumi yang dijadikan sumber energi utama di negara tersebut. Sektor jasa dan komoditas industri alumunium, ferosilikon, pengolahan ikan dan produknya merupakan penggerak ekonomi utama di negara ini selain pariwisata. Menurut Global Peace Index, Islandia adalah negara paling damai di dunia. Hal ini disebabkan oleh kurangnya angkatan bersenjata, angka kejahatan yang sangat rendah, dan stabilitas sosial dan politik negara ini sangat tinggi. Islandia terdaftar di Buku Rekor Guinness sebagai “Negara peringkat paling damai” dan “belanja militer terendah per kapita”.

Inilah Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017

Iceland

5. Qatar – Sempat berada di bawah ke khalifahan Utsmaniyah, Qatar menjadi protektorat Inggris sejak awal abad 20 sampai dengan kemerdekaannya pada tahun 1971. Perekonomian yang ditopang oleh cadangan gas alam dan minyak bumi yang sangat besar, Qatar menjadi negara dengan pendapatan per orang tertinggi di dunia yaitu sebesar US $146,011 per tahun. PDB per kapita Qatar tahun 2017 ini adalah US $64,447. Qatar digolongkan sebagai negara yang memiliki indeks pembangunan manusia sangat tinggi dan paling baik diantara negara Arab lainnya. 85% pendapatan ekspor Qatar merupakan hasil produk minyak bumi. Qatar memiliki pengaruh cukup kuat di Jazirah Arab, dan melalui grup media global mereka – Al Jazeera – yang banyak menjadi rujukan sumber pemberitaan peristiwa di seputar Timur Tengah. Negara yang saat ini dipimpin Emir Tamim bin Hamad al-Tsani mempunyai penduduk 2,6 Juta Jiwa., dimana penduduk asli Qatar sekitar 315 ribu Jiwa, dan sisanya 2,3 Juta Jiwa adalah ekspatriat. Pada pertengahan tahun 2017 ini beberapa negara Arab seperti Mesir, Arab Saudi, UEA dan Bahrain memutus hubungan diplomatik dengan Qatar yang menyebabkan krisis diplomatik di negara ini.

Inilah Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017

Qatar

Next 5 Country

6. Republik Irlandia – Berpenduduk 4,8 Juta Jiwa, negara kepulauan di atlantik utara dengan dengan ibukota Dublin ini mempunya PDB per kapita tahun 2017 sebesar US $62,085. Perekonomian Republik Irlandia ditopang oleh industri tekstile, pertambangan dan produksi makanan. Negara ini setelah 8 abad menjadi bagian dari Britania Raya, pada 18 April 1949 menyatakan kemerdekaannya dari jajahan Inggris.

Inilah Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017

Republik Irlandia

7. Amerika Serikat – Mungkin sebagian dari kita sedikit heran karena negara adidaya ini tidak menepati posisi pertama dari daftar ini. Tapi menimbang jumlah penduduknya yang sangat besar – lebih dari 310 Juta Jiwa – sangat mengesankan bahwa negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini mampu memiliki PDB per kapita mencapai US $59,609 di tahun 2017. Industri otomotif skala raksasa, sektor teknologi, pariwisata, kultur dan perfilman menjadi beberapa sektor andalan Amerika Serikat untuk menunjang perekonomiannya, disamping dukungan dari sistem demokrasi dan perlindungan hak cipta yang mendorong tumbuhnya berbagai wirausaha dan hak cipta intelektual yang digunakan di berbagai belahan dunia.

Inilah Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017

Uncle Sam

8. Australia – Tetangga dekat kita ini berdasarkan riset terakhir IMF mempunyai PDB per kapita mencapai US $55,215. Negara dengan luas peringkat ke-6 terluas di dunia ini mempunyai industri pertambangan, telekomunikasi, perbankan dan manufaktur yang menjadi andalan penghasilan bagi ekonomi negaranya. Beribukota di Canberra, negara berpenduduk asli suku Aborigin ini juga dikenal sebagai eksportir terbesar ke-6 produk minuman anggur (wine) di seluruh dunia, dengan nilai mencapai US $5,5 Milyar per tahun. Kota terbesar di Australia adalah Sydney, yang merupakan bagian dari negara bagian New South Wales (NSW). Australia terdiri dari 6 negara bagian, dan 2 teritorial di daratan utama.

Inilah Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017

Australia

9. Denmark – Berdasarkan riset dari Forbes, Denmark adalah negara dengan iklim bisnis terbaik di dunia. Global Peace Index pada tahun 2009 juga menempatkan negara paling utara Skandinavia ini sebagai negara paling damai di dunia, no-2 setelah Selandia Baru. PDB per kapita Denmark sebagaimana yang dirilis IMF pada 2017 adalah sebesar US $52,871.  Penduduk Denmark diperkirakan sebanyak 5,7 Juta Jiwa, dengan ibukota negara di Kopenhagen. Dan tahukan anda, ternyata Greenland dan Kepulauan Faroe, merupakan wilayah kerajaan Denmark dengan sistem perpolitikannya sendiri. 82% dari penduduk Denmark adalah pengikut gereja Lutheran. Aturan mengenai pendapatan minimum pekerja di Denmark pun sangat baik. Bekerja di Mc Donald di Denmark bisa memperoleh penghasilan yang setara dengan US $20 per jam, hak cuti setiap 5 minggu, dan bahkan jaminan pensiun.

Inilah Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017

Denmark

10. Singapura – Dengan PDB per kapita tahun 2017 mencapai US $51,431 rasanya tidak banyak yang perlu diceritakan tentang negara tetangga kita ini. Pendapatan per kapita penduduknya US $90,724 adalah tertinggi ke-3 dunia, setelah Qatar dan Luksemburg dan nilainya 5,5 kali rata-rata income perkapita penduduk dunia. Pelabuhan di Singapura merupakan pelabuhan tersibuk no 2 dunia, dengan nilai ekspor pada tahun 2011 mencapai US $414 Juta.

Inilah Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017

Singapura

Demikianlah daftar 10 negara terkaya dunia versi PDB per kapita tahun 2017. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya..

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: