Mengenal Pavel Durov, Founder Telegram Messenger dari Rusia

Mengenal Pavel Durov, Founder Telegram Messenger dari Rusia. Keputusan Kominfo untuk mem-blokir layanan chat Telegram segera ditanggapi oleh CEO Telegram, Pavel Durov melalui chanel resmi Telegram miliknya. Pavel Durov menawarkan 3 solusi untuk menghilangkan dan mencegah kontent radikalisme dan terorisme dimanfaatkan dalam aplikasi ini, seperti permintaan Pemerintah RI. Reaksi cepat Pavel Durov ini sampai sekarang belum mendapat respons lanjut dari Pemerintah, hanya jika merujuk kasus Tumblr, bisa saja pemblokiran ini dicabut apabila Telegram mengikuti aturan yang berlaku.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah RI memblokir situs aplikasi chat Telegram melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika. Blokir dilakukan pada 14/07/17. Alasan Pemerintah, bahwa Telegram terkait dengan kontent radikalisme dan terorisme di Indonesia. Memang pemblokiran sementara baru dilakukan pada akses ke situs, belum ke aplikasi. Ini mengindikasikan bahwa Pemerintah sejatinya tidak ingin memblokir, hanya memberikan peringatan.

Mengenal Pavel Durov, Founder Telegram Messenger dari Rusia

foto : dazedigital.com

 

Pavel Durov – CEO Telegram

Siapa Pavel Durov? Pria yang baru berusia 32 tahun dari Rusia ini adalah founder sekaligus ex-CEO dari situs sosial media VK (VKontakte)di Eropa yang populer dikalangan user berbahasa Rusia. Durov juga merupakan founder dan CEO dari layanan chat Telegram Messenger. Pavel Durov dikenal juga sebagai rising star internet entrepreneur dari Rusia. Dia mempunyai kakak laki-laki, Nikolai Durov, seorang programmer dan ahli matematika pemenang 2 x olimpiade matematika internasional. Berdua mereka mendirikan VK, dan kemudian Telegram Messenger.

Lahir di St. Petersburgh pada 10 Oktober 1984, Pavel Durov menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Turin, Italia. Ayahnya Valery Durov, seorang Doctor Philology (ilmu bahasa dalam sumber-sumber sejarah), bekerja di sana. Kembali ke Rusia pada 2001, Pavel Durov menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Philology di St. Petersburgh State University dengan mendapatkan first class degree. Pavel dan Nikolai memulai Vkontakte (VK) pada 2006, yang awalnya diilhami oleh Facebook, yang akhirnya perusahaan VK bernilai US $3 Milyar.

Pada 2011, Durov dipaksa untuk menjual 12% sahamnya di VK ke Ivan Tavrin, pemilik perusahaan internet Rusia, Mail.ru yang kemudian menjualya ke Mail.ru, dan membuat Mail.ru menjadi pemilik mayoritas dengan 52% saham VK. Pada 2014, Mail.ru membeli semua sisa saham VK dan menjadi pemilik tunggal.

Mengenal Pavel Durov, Founder Telegram Messenger dari Rusia

foto : telegraph

Keluar dari VK

Pada 1 April 2014, Durov menyatakan pengunduran dirinya dari VK. Hal ini diduga berkaitan dengan krisis Ukraina yang melibatkan Rusia pada Februari 2014. Tetapi pada 3 April 2014, Durov menyatakan bahwa hal itu hanyalah April Mob.

Pada 16 April 2014, Durov menolak untuk menyerahkan data-data pemrotes aksi Rusia di Ukraina kepada agesi keamanan Rusia, dan menolak untuk mem-blok page Alexei Navalny (aktivis anti korupsi, politisi dan lawyer Rusia) di VK. Ia menyatakan di page miliknya di VK, bahwa permintaan tersebut tidak ada dasar hukumnya.

Pada 21 April 2014, Pavel Durov diberhentikan dari VK. Pihak Perusahaan menyatakan bahwa pemberhentian ini terkait dengan surat pengunduran dirinya sebelumnya yang belum dibatalkan. Tapi Durov sendiri menyatakan, bahwa VK telah diambil alih oleh sekutu Vladimir Putin, Presiden Rusia. Pemberhentiannya terkait dengan aksinya menolak permintaan dari biro keamanan Rusia terhadap data-data user di VK. Durov lalu meninggalkan Rusia dan menyatakan tidak akan kembali, seraya mengucapkan bahwa saat ini Rusia belum compatible untuk bisnis internet.

Mengenal Pavel Durov, Founder Telegram Messenger dari Rusia

foto : themoscowtimes.com

Pindah Warga Negara

Setelah keluar dari Rusia, Durov menjadi warga negara Saint Kitts and Nevis, setelah menyumbang US $250.000 untuk yayasan industri gula di negara tersebut. Ia juga mempunyai simpanan US $300 Juta di Bank Swiss. Ini menjadi modalnya untuk melanjutkan usahanya dengan mendirikan Telegram yang berpusat di Berlin Jerman, yang fokus pada layanan kiriman pesan ter eknripsi.

Acknowledgement

Pavel Durov dijuluki Mark Zuckerberg dari Rusia. Pada Agustus 2014, Ia dianugerahi The most promising northern european Leader under 30. Pada 2017, Pavel Durov terpilih sebagai member WEF Young Global Leaders, mewakili Finlandia. Kekayaannya saat ini ditaksir senilai US $600 juta. Saat ini, aplikasi Telegram Messenger mempunyai pengguna aktif bulanan lebih dari 100 juta orang, semakin mendekati aplikasi Whatsapp yang mempunyai pengguna aktif 160 juta orang.

 

Ingin belajar bisnis online, klik di sini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: