Serangan Virus cyber Ransomware Wanna Cry

Heboh.. Begitulah yg terjadi dalam 24 jam terakhir, dalam bentuk pesan di group whatsap, bbm, fb maupun berita di portal-portal terkemuka. Staff IT di kantor tadi malam dengan lengkap memaparkan dan mengingatkan semua akan adanya serangan virus cyber Ransomware Wanna cry.
Bagi kita yg agak2 jauh dari dunia hacker dan virus komputer, tentunya bertanya-tanya apa apa sih gerangan virus Ransomware Wanna cry ini? Sampai segitu heboh ya dunia maya terhadap serangan ini seperti yg dibaca di portal berita dimana -mana.

Serangan cyber ransomware wanna cry

Serangan virus cyber ransomware wanna cry

Sebenernya apa sih ransomware? Ransomware adalah sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Tahun ini sebuah jenis ransomware baru telah muncul dan diperkirakan bisa memakan banyak korban.

“Ransomware baru ini disebut Wanna cry. Wanna cry ransomware mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB yang dijalankan di komputer tersebut,”
Di Inggris, sebanyak 16 rumah sakit terpaksa tutup. Sebab, saat para pekerja rumah sakit berusaha untuk mengakses komputer, mereka menemukan tuntutan untuk memberikan USD300 (Rp4 juta) dalam bitcoin.

Serangan cyber ransomware wanna cry

Mengenkripsi file dan menuntut tebusan adalah taktik yang biasa digunakan dalam serangan Wanna Cry Ransomware .

Pengamat Siber Ruby Alamsyah menuturkan, rumah sakit menjadi korban paling banyak lantaran komputer di instansi tersebut beroperasi selama 24 jam. Keamanan sistem operasinya pun tidak terjaga.

“Apalagi komputer untuk layanan, itu harus hidup setiap hari selama 24 jam,” ungkap dia.
Hmmmm… Terus gimana caranya untuk menghilangkan serangan ransomware ini ya? Guna mengantisipasi serangan virus tersebut, pengguna diminta tidak terhubung dengan jaringan internet saat menyalakan komputer. Pengguna juga diimbau untuk memindahkan data ke USB.

“Diharapkan kepada seluruh pengguna teknologi informasi untuk secara cepat melakukan update system, apabila telah tersedia karena update semacam ini walaupun terkesan meletihkan, namun dapat menyelamatkan dari serangan-serangan cyber,”
Kita juga disarankan agar selalu berhati-hati untuk menggunakan link di internet. Sebab, virus ini dapat masuk ke segala lini, email bahkan media sosial.
Begitulah kiranya beberapa saran dari ahli untuk mengantisipasi serangan virus cyber ransomware wanna cry, mudah2an informasi ini dapat bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: