Siapakah Eiko Ishioka dan Apa yang Membuatnya Terkenal?

Siapa Eiko Ishioka dan apa yang membuatnya terkenal sampai-sampai Google memasang doodle dengan rancangannya pada hari ini? Hari Rabu 12/7/17, yang seharusnya menjadi ulang tahun ke 79 Eiko Ishioka, Google menghormatinya dengan memasang rangkaian desain karyanya yang diambil dari project “The Fall”, sebuah film fantasi yang dibuat tahun 2006 yang disutradarai oleh koleganya, Tarsem Singh.

Siapakah Eiko Ishioka dan Apa yang Membuatnya Terkenal

Short Biography

Eiko Ishioka adalah seorang desainer, art director, dan desain grafis yang terkenal dengan gaya surealis dan aneh (outlandish) dalam hasil karyanya. Ishioka yang meninggal 21 Januari 2012 pada usia 73 tahun dikenal banyak merancang iklan, cover album, dan film terkenal. Lahir di Tokyo pada 12 Juli 1938, ayahnya yang seorang desainer grafislah yang awalnya memperkuat ambisinya untuk menekuni dunia seni, meskipun pada masa itu dominasi kaum pria di bidang itu masih sangat besar, khususnya di Jepang.

Tidak memperdulikan semua hambatan, Ishioka masuk ke industri dunia desain grafis dimulai melalui perusahaan kosmetik di Jepang, Shiseido. Terobosan besar yang membuatnya terkenal ketika ia bekerja membuat desain kampanye iklan untuk sebuah Dept. Store di Jepang, Parco. Iklan lain paling terkenal yang dibuatnya adalah video 90 detik yang diperankan oleh aktris terkenal, Faye Dunaway, yang tengah menelan bulat-bulat telur rebus sambil menatap ke arah kamera. Susunan huruf P – A – R – C – O lalu muncul melayang di layar pada akhir iklan. Karya lainnya adalah desain kostum-kostum dalam film Francis Ford Coppola pada tahun 1992, Bram Stroker’s Dracula. Dapat dilihat dalam kostum yang dipakai oleh Sadie Frost, terlihat rancangan kerah yang terinspirasi dari leher kadal.

Siapakah Eiko Ishioka dan Apa yang Membuatnya Terkenal

sumber foto : brigitte lacombe

Grammy Award Winner

Eiko Ishioka mendapatkan Grammy untuk karyanya mendesain cover album Tutu dari musisi Miles Davis pada tahun 1986. Desain yang menampilkan potret wajah close up Miles Davis dalam nuansa hitam dan putih, dimana pada bagian tengah sedikit diterangkan. Pada akhir hayatnya, karyanya yang dikenang adalah ketika merancang kostum dalam pembukaan olimpiade Beijing yang kolosal dengan melibatkan lebih dari 15.000 orang penari pada tahun 2008.

Siapakah Eiko Ishioka dan Apa yang Membuatnya Terkenal

Tutu – Miles Davis

Pada tahun 2011, setahun sebelum kematiannya, Ishioka menikah dengan Nico Soultanakis, seorang sutradara yang dikenalnya selama perjalanan karirnya, termasuk ketika melakukan project “The Fall”. Ishioka meninggal pada tahun 2012 karena penyakit kanker pankreas.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: