Skill dan Knowledge Yang Harus Dimiliki Untuk Menjalankan Bisnis Online

Skill dan Knowledge Yang Harus Dimiliki Untuk Menjalankan Bisnis Online. Warta terbaru Kompas mengabarkan pengguna internet di Indonesia sampai dengan akhir tahun 2016 sudah mencapai 132 Juta orang. Angka tersebut naik 50% dibandingkan tahun sebelumnya. Tak sedikit kita lihat di TV ataupun internet, tentang orang-orang yang mendapatkan banyak uang (I mean a lot guys..) dari menjalankan chanel YouTube atau menjalankan bisnis online dari rumah, dan mendapatkan omset yang besar. Anda bisa duduk di dalam kereta atau busway ditengah kemacetan, atau tetap dimarahi boss di kantor, namun hari-hari memiliki bisnis online anda sendiri di rumah saat ini merupakan suatu keniscayaan.

Laporan Forbes dan Census.gov menyatakan 2,4 Juta orang yang menjalankan solo bisnis berbasis internet memiliki pendapatan paling sedikit US $100,000 per tahun. Dalam laporan ini, bisnis berbasis internet mampu menarik pelanggan yang lebih luas dan lokasi yang jauh. Tidak hanya di sekitar tempat kita berbisnis saja. Artinya, dengan semakin banyaknya orang yang terhubung ke internet, memungkinkan kita menjual produk ataupun jasa tanpa batas, sampai ke luar negeri sekalipun.

What’s Needed

Tentu saja untuk mencapai apa yang kita impikan dalam bisnis online, memerlukan knowledge dan skill tertentu disamping kemauan yang kuat. Beberapa basic skills seperti perencanaan yang baik, eksekusi yang efektif dan people handling memang tetap menjadi kebutuhan, selain daripada produk yang akan dijual. Akan tetapi, untuk menjalankan perusahaan yang berbisnis secara online, dibutuhkan juga skills lain yang berhubungan langsung dengan bisnis online. Di bawah ini ada beberapa hal yang harus kamu miliki untuk menjalankan solo bisnis berbasis internet dan sukses menghasilkan banyak uang. Kabar baiknya, tools dan informasi yang dibutuhkan untuk menguasai skills tersebut bahkan disediakan secara online di internet.

 

10 Skills Yang Harus Dimiliki Untuk Menjalankan Bisnis Online

Creating Business Plan

1. Business Plan – Jangan mengira bahwa untuk memulai bisnis secara online tidak membutuhkan perencanaan selayaknya bisnis konvensional. Konsep bisnis yang jelas, pasar potensial yang disasar, resiko potensial yang mungkin dihadapi, dan juga berapa modal yang diperlukan harus tetap di define dari awal. Ini untuk menterjemahkan ide yang kita punya menjadi kenyataan. Kedisiplinan kita dalam mengikuti perencanaan yang dibuat menjadi sangat penting. Jika tidak, apabila dalam kenyataannya pasar merenspons produk yang kita miliki dengan baik dan demand terus meningkat, kita tidak akan siap untuk menyambut kenaikan demand tersebut. Yang terjadi adalah loss market yang merugikan kita. Beberapa referensi di internet dapat membantu step by step bagi kita dalam membuat business plan yang baik, seperti Smalls Business Administration’s Website ataupun melalui portal lain dengan searching di google.

 

10 Skills Yang Harus Dimiliki Untuk Menjalankan Bisnis Online

Raise (small) money

2. Mendapatkan Modal – Kecuali kita menjual barang yang berasal dari sampah secara online, kita tetap membutuhkan (sedikit) uang untuk memulai bisnis online. Entah itu untuk membeli atau memproduksi barang yang akan dijual, ataupun untuk melakukan iklan online yang diperlukan agar produk/jasa kita lebih dikenal. Menurut survey dari Intuit, 40% bisnis online kecil membutuhkan kurang dari Rp 50 juta untuk memulai sebagai modal, dan 60% nya membutuhkan kurang dari Rp 100 Juta. Tapi apabila kita tidak memiliki modal sebanyak itu, kita bisa memulai mencari pendanaan untuk start up bisnis kita menggunakan site crowdfunding seperti Fundable, Angel Investment Network Indonesia (ANGIN) atau Kapanlagi Network.

 

10 Skills Yang Harus Dimiliki Untuk Menjalankan Bisnis Online

Designing Website

3. Membuat Website yg Eye Catchy – Sama halnya dengan memiliki toko di pinggir jalan, untuk menarik perhatian agar orang memasuki toko kita, maka dipasang board dan tampilan toko yang menarik dan unik. Begitu juga dengan tampilan website kita. Selain memerlukan skills dalam membuat website -yang mana saat ini sangat mudah didapatkan tutorialnya- desain website yang menarik pun sangat menentukan. Pengalaman, kita hanya mempunyai waktu maks 5 detik untuk menarik perhatian orang yang melihat website kita, jadi pastikan tampilannya menarik pengunjung untuk tahu lebih jauh dan surfing pada produk yang kita tawarkan.

Satu hal penting lagi, saat ini sebagian besar pengguna internet menggunakan mobile device atau smartphone untuk koneksi ke internet, so pastikan website kita juga mempunyai desain yang responsive terhadap mobile phone. Untuk membuat website, kita bisa memilih template yang sudah jadi seperti di lapax.com atau membuat sendiri (customise) website kita dengan pengetahuan HTML ataupun CSS, yang bisa kita dapatkan contohnya seperti di talonx ataupun lifehacker.com . Selain desain yang menarik, nama domain website kitapun sangat disarankan untuk mempunyai selling point, mudah diingat, unik, dan SEO friendly.

 

10 Skills Yang Harus Dimiliki Untuk Menjalankan Bisnis Online

Product Sourcing

4. Sourcing Product – Kecuali jika kita menjual produk yang diproduksi sendiri, ataupun menjual jasa, maka keahlian dalam melakukan sourcing terhadap produk yang akan kita jual juga sangat penting. Kita bisa mencari vendor di dalam negeri, ataupun vendor di luar negeri seperti Alibaba, ebay, atau IndiaMart. Apabila kita tidak bermaksud untuk mempunyai inventory dalam berjualan, kita bisa mencoba metode dropshipping. Dalam dropshipping, kita hanya perlu memajang barang milik toko lain yang menyediakan opsi dropshipping, lalu menjualnya ke pelanggan. Pengiriman akan dilakukan oleh pemilik barang. Banyak situs yang menyediakan jasa dropshipping ini seperti Shopify, Bukalapak, Tokopedia, dll. Kita hanya perlu daftar, dan bisa langsung berjualan. Hanya, perlu diingat bahwa opsi dropshipping ini margin keuntungannya tidak terlalu besar.

 

10 Skills Yang Harus Dimiliki Untuk Menjalankan Bisnis Online

Business Intelligence

5. Business Intelligence – Maksudnya disini adalah melakukan penelitian terhadap pasar potesial dan juga pesaing kita. Hal ini akan sangat berguna dalam menghadapi kendala-kendala ataupun tantangan terhadap kemajuan bisnis kita. Sebagai contoh, kita bisa riset kata kunci di google terhadap produk apa yang paling banyak dicari di internet, berapa traffic nya, demografinya, dll menggunakan google keyword planner. Disana kita juga bisa melihat profile pesaing kita; berapa harga yang mereka tawarkan untuk produk yang sama, layanan tambahan lain yang mungkin mereka sediakan, ataupun promo apa yang pesaing kita tawarkan. Dengan itu, kita bisa menyusun strategi apa yang kita perlukan, dan peluang apa yang masih ada dan belum dilakukan mereka. Akhirnya, ini akan membuat kita bisa melakukan yang lebih baik dibanding pesaing kita.

Is That’s Enough? Here’s More to Mastered

10 Skills Yang Harus Dimiliki Untuk Menjalankan Bisnis Online

Social Media Buzz

6. Iklan dan Pemasaran Social Media – Kita bisa saja mempunyai ide bisnis yang hebat, punya produk yang bagus, dan didukung oleh website yang menarik. Tetapi jika orang-orang tidak tahu akan bisnis kita dan tertarik untuk membeli, artinya omset kita tidak akan berkembang. Ada banyak cara untuk melakukan pemasaran dan iklan melalui social media. Mulai dari yang gratis, ataupun berbayar. Kita bisa mencoba secara gratis melalui buzz di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube untuk memperkenalkan bisnis kita ke orang lain. Mulai dari keluarga, teman, sampai dengan komunitas lain yang lebih luas. Kuncinya adalah konsistensi, dan tidak melulu melakukan hard selling dalam melakukan pemasaran produk kita. Selingi dengan informasi-informasi menarik lainnya, ataupun posting mengenai kegiatan kita yang terkait dengan produk atau jasa yang kita pasarkan. Lakukan terus menerus dan selalu perluas fiend atau connection yang kita miliki setiap harinya.

Jika ingin lebih cepat dalam meningkatkan brand knowledge, kita bisa melakukan iklan berbayar yang disediakan di Google Adsword, Iklan Facebook, ataupun Instagram. Dalam beberapa kasus, orang menggunakan nama-nama terkenal (artis, public figure) dalam mengiklankan produk mereka, atau dikenal dengan jasa endorse. Tentunya untuk kriteria ini, ada uang yang harus kita bayarkan sebagai fee untuk endorse. Sebagai informasi, jika ingin melakukan iklan di Facebook, kita harus membuat Fan Page terlebih dahulu. Kabar baiknya, untuk membuat Fan Page di Facebook ini totally free alias gratis. Cara lain untuk memperdalam skills dalam pemasaran internet adalah dengan bergabung komunitas bisnis internet yang sudah terbukti dan banyak membernya seperti SB1M (Sekolah Bisnis Satu Milyard).

 

Skill dan Knowledge Yang Harus Dimiliki Untuk Menjalankan Bisnis Online

Customer Service

7. Customer Service – Kemampuan ini tidak hanya dibutuhkan ketika kita mempunyai toko sepatu, dan karyawan yg ramah yang siap melayani pembeli dan tanggap akan kebutuhannya akan ukuran sepatu yang sesuai. Dalam dunia online pun, Customer Service sangat penting. Contohnya retailer baju dan sepatu seperti Zappos. Mereka menawarkan kemudahan dalam pengembalian barang. Selain itu, kemudahan dalam navigasi customer di website kita, user friendly interface, informasi lengkap seperti harga, spesifikasi, warna, stock available, bahkan contact yang dapat dihubungi dan responsif terhadap pelanggan yang masuk sangat penting untuk bisa kita kelola dengan baik. Kita bisa menggunakan contact di Facebook Fan Page, Twitter, atau bahkan no Hp untuk memudahkan customer berinteraksi dan memperkuat engagement dgn brand kita.

 

Skill dan Knowledge Yang Harus Dimiliki Untuk Menjalankan Bisnis Online

Trusted Brand

8.  Trusted Seller Branding – Ya, sebagai pelaku bisnis internet secara online, branding sangat penting bagi kita untuk mendapatkan trust atau kepercayaan dari calon pelanggan. Sangat banyak penipuan secara online terjadi, dimana customer dirugikan oleh penjual yang nakal. Karena itu, membuat image bahwa berbelanja di website kita aman dan terpercaya sangat penting untuk membuat calon pelanggan kita tidak ragu. Website yang terlihat profesional, contact yang jelas untuk dihubungi, sistem pembayaran selain lewat bank transfer tetapi juga yang multichanel dan internasional reputation seperti Paypal dan Western Union sangat membantu membangun brand image website kita menjadi lebih terpercaya. Tampilkan testimoni-testimoni dari exist customer sebagai penguat, sehingga orang tidak ragu untuk membeli di website atau menggunakan jasa kita.

Masih banyak lagi skill dan knowledge yang harus dimiliki untuk menjalankan bisnis online, tapi list di atas merupakan instisari fundamental yang harus kita miliki sebelum memulai. Era digital telah tiba….apakah anda hanya akan jadi penonton, atau memilih untuk menjadi pemenang?

sumur : howstuffworks

Please share jika suka dengan artikel ini ya.

Ingin Tahu Suku Bunga Bank teRendah? -> Baca di sini

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: