Wisata air terjun di Salatiga yang asyik

Kali ini kami sekeluarga dari Jogja mengunjungi air terjun umbul songo, tempat wisata air terjun di Salatiga yang asyik dan sangat cocok untuk refresh pikiran dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Negara kita dianugerahi alam yang sangat indah –  dimana hampir di semua daerah memiliki tempat wisata yang memiliki keunikannya masing-masing. Salatiga adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan.

Wisata air terjun di Salatiga yang asyik untuk keluarga

Wisata air terjun di Salatiga Umbul Songo

Air terjun umbul songo, lokasinya tidak jauh, di desa Kopeng, Kec. Getasan,  Salatiga, hanya sekitar 5 menit menggunakan kendaraan bermotor dari Taman Wana Wisata Kopeng. Lebih asyik, kita bisa naik kuda hanya dengan membayar 50 ribu rupiah menuju air terjun umbul songo, dilanjutkan dg menuruni anak tangga yang tidak terlalu tinggi, sekitar 30 meter. Tapi hati-hati ya, karena tangganya hanya jalan setapak berbatu. Jika memakai kendaraan, hanya dipungut parkir 5000 rupiah utk mobil, dan 2000 rupiah untuk motor.. Dan tidak ada biaya masuk ke air terjun… Murah bukan?

Wisata air terjun di Salatiga yang asyik di air terjun umbul songo

Di air terjun yang terletak di ketinggian 1450 mdpl, memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Pemandangan masih sangat asri, dengan hawa yang sejuk. Sesampainya di air terjun, mbak-mbak penjual jajanan sudah menawarkan tikar untuk bersantai di bawah, dan kita juga bisa memesan makanan sate kelinci, mie instan, mendoan dan minuman hangat. Semua akan diantar ke lokasi lho.. Jadi jualannya tidak di tempat.. Mungkin supaya lokasi sekitar air terjun tetap alami ya.. Hanya harga segelas kopi dan sepiring sate kelinci yang kami pesan sedikit lebih mahal dari biasanya..wajar kali ya, mengingat mbaknya harus naik turun ke lokasi untuk mengantarkan pesanan.

Air terjun umbul songo berjarak sekitar 15 km dari kota Salatiga, arah menuju Magelang. Atau kalau dari Jogja sekitar 60 km, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit menggunakan kendaraan pribadi roda 4.

 

Wisata air terjun di Salatiga yang asyik untuk keluarga

Naik kuda di taman wisata Kopeng

Setelah puas menikmati air terjun, berfoto-foto dan menghabiskan seporsi  sate kelinci, kamipun melanjutkan perjalanan pulang ke Jogja. Oya, jika kita ingin membeli tanaman bunga yang banyak dijual disekitar Kopeng, tempat paling lengkap ya di dekat air terjun ini menuju jalan keluar, hanya berjarak 10 meter dari lokasi parkir. Banyak penjual tanaman dgn area yg luas untuk parkir, ketimbang membeli di pinggir jalan Kopeng Salatiga yang tidak begitu banyak pilihan.

Begitulah perjalanan kami ke umbul songo, tempat wisata air terjun di Salatiga yang asyik untuk dikunjungi bersama keluarga. Dalam perjalanan ke Salatiga, masih banyak tempat yg kami kunjungi… Nanti akan diceritakan di artikel yang lain ya..

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: