Wisata seru edukasi museum geologi Bandung

Pada liburan akhir tahun 2016 lalu, kami sekeluarga berkesempatan untuk melakukan wisata seru edukasi museum geologi Bandung. Siapa yang tidak kenal dengan kota Bandung? Ibukota provinsi Jawa Barat ini terkenal dengan berbagai destinasi wisata tempat berlibur favorit akhir pekan warga jakarta dan sekitarnya. Hawa yg sejuk dan berbagai pilihan makanan yg khas sunda menjadikan Bandung salah satu favorit kami sekeluarga utk betah berlama-lama disana.

wisata seru edukasi museum geologi Bandung

Museum geologi Bandung

Museum geologi Bandung terletak di Jl Diponegoro No. 57, Cibeunying,  Kaler. Tidak sulit menemukan museum ini, tinggal ketik “museum geologi Bandung” di google maps… dijamin gak akan tersasar untuk sampai ke sini.. Praktis dan simple kan, thanks to technology 🙂

Kami parkir di di dalam lokasi museum, di depan mesjid AL Hidayah. Mesjid yg cukup megah dan dengan pelataran yg luas. Biasanya sering dipakai untuk beristirahat sejenak bagi pengunjung setelah selesai sholat dan berkeliling di dalam museum.

wisata seru edukasi museum geologi Bandung

T- Rex

Museum geologi Bandung terdiri dari 2 lantai, dengan koleksi yang berbeda disetiap lantainya. Setiap lantai dibagi menjadi 3 ruangan besar. Di lantai 1, terdapat ruangan animasi geologi yang ditayangkan dengan layar cukup besar dan berpendingin ruangan, bikin betah berlama-lama disini. Terdapat juga berbagai jenis koleksi fosil manusia purba, artefak purba, fosil dinosaurus T-Rex yang menjadikannya salah satu landmark museum ini, fosil gajah purba, fosil ikan dan ular purba, dan juga informasi lengkap proses pembentukan batubara dan minyak bumi.
Sedangkan di lantai 2 juga terbagi menjadi 3 ruangan besar, dengan salah satu ruangan digunakan utk staff museum. Ruangan yang lain berisikan informasi tentang mineral dan pengolahannya, miniatur pengeboran minyak dan gas bumi, maket tambang emas, contoh-contoh bebatuan dari Papua dan penjelasan lengkap mengenai kegiatan eksplorasi mineral.

Museum geologi Bandung ini sejarahnya didirikan pada thn 1928. Setelah sempat mengalami renovasi, dibuka kembali pada tahun 2000 yg diresmikan oleh presiden RI pada saat itu, ibu Megawati. Pada awalnya dulu, namanya Geologische Museum. Untuk masuk ke dalam, tiket nya cukup murah lho. Hanya perlu merogoh kantong 3.000 rupiah utk umum, tapi utk wisatawan mancanegara dipungut tiket 10.000 rupiah per orang. Museum Geologi Bandung mulai beroperasi pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB pada hari Senin – Kamis, dan pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB pada hari Sabtu dan Minggu. Museum ini tutup pada hari Jum’at dan hari libur nasional.

wisata seru edukasi museum geologi Bandung

Setelah puas mengelilingi museum dan berfoto di depan fosil T-Rex dan gajah Purba Stegodon Trigonochepalus, kami pun beranjak keluar museum untuk melanjutkan perjalanan. Oya, di depan museum banyak penjual makanan khas Bandung. Seperti siomay, baso, rujak dan aneka penjual minuman yang menggoda lidah setelah kelelahan mengitari area museum yg cukup luas. Rasanya cukup enak, dan murah tentunya.
Dari berbagai tempat destinasi edukasi,  wisata seru edukasi museum geologi Bandung merupakan salah satu yg jangan dilewatkan jika berkunjung ke Bandung…

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: