Wow, Lebih Dari 100.000 Pelanggan Alibaba Habiskan 600 Juta Per Tahun Untuk Shopping

Wow, Lebih Dari 100.000 Pelanggan Alibaba Habiskan 600 Juta Per Tahun Untuk Shopping. Dari sekitar 500 Juta user aktif (pelanggan) situs e-commerce Alibaba pada platform Taobao dan Tmall di China, ada sebagian yang mendapatkan keistimewaan dengan diberikannya label Alibaba Passport / “APASS” pada profile mereka. Pelanggan yang mendapatkan label APASS ini dikategorikan sebagai pembeli aktif yang membelanjakan uangnya untuk belanja online rata-rata lebih dari US $45.000 atau sekitar Rp 600 Juta setiap tahunnya. Sampai dengan saat ini, sudah lebih dari 100.000 orang yang mendapatkan label APASS sebagai pelanggan paling royal dari Alibaba.

Alibaba mulai me-launching program APASS ini sejak tahun 2014 lalu. selain di China, member dgn label APASS ini juga ada di Hongkong, dimana sepertiga dari total penduduk Hongkong yang sebanyak 7 juta jiwa merupakan member aktif dari Taobao. Member APASS ini mendapatkan keistimewaan seperti halnya keanggotaan private club, dengan benefits seperti gathering member, ataupun perjalanan mewah ke luar negeri yang dibiayai oleh merk-merk terkenal sebagai sponsornya. Pada bulan Maret tahun ini tujuh orang member APAS terpilih untuk melakukan perjalanan mewah ke Australia.

Wow, Lebih Dari 100.000 Pelanggan Alibaba Habiskan 600 Juta Per Tahun Untuk Shopping

sumber foto : south china morning post

 

Consumer Profile

Alibaba selama ini berusaha sangat keras untuk mempertahankan konsumennya melalui dua platform e-commerce, Taobao – platform consumer to consumer (seperti ebay, Amazon atau Bukalapak), dan Tmall – platform business to consumer (penjualan dari official manufaktur, brand ter register ke pembeli individu ataupun organisasi).

Pada tahun 2016 saja, total volume transaksi di online shopping China mencapai US $6,9 Milyar. DIperkirakan pada tahun 2019 akan naik 19,1% menjadi US $8,3 Milyar berdasarkan research yang dilakukan oleh agensi iResearch. Dalam memperebutkan pasar di China, Alibaba bersaing dengan JD.com dan Amazon.

Dalam catatan yang dilakukan oleh Aliresearch baru-baru ini, sekitar 60% dari member APASS merupakan orang-orang dengan kelahiran antara tahun 1980 – 1989, berpendidikan tinggi, penghasilan per bulan sekitar US $7.300 (Rp 100 jutaan) dan Wanita!

Wow, Lebih Dari 100.000 Pelanggan Alibaba Habiskan 600 Juta Per Tahun Untuk Shopping

sumber : alibaba group holding

Well, dengan begitu pesatnya perkembangan e-commerce di era digital ini, rasanya di Indonesia pun sudah mulai meledak mengingat tingkat koneksivitas internet yang semakin tinggi, daya beli masyarakat yang semakin membaik dan tanda-tanda bermunculannya berbagai situs e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Matahari Mall dll. Data di tahun 2016, sudah lebih dari 136 juta orang di Indonesia yang menjadi pengguna internet, dimana sebagian besarnya adalah pengguna melalui platform mobile phones.

Kiat bisnis online? –> Baca disini

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: